Program Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) ADIWIYATA merupakan salah satu program Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Pemerintah Kota Tangerang Selatan yang terus diupayakan dalam bentuk pembinaan terhadap sekolah-sekolah mulai dari tingkat SD hingga tingkat menengah atas. ADIWIYATA itu sendiri mempunyai pengertian atau makna sebagai tempat yang baik dan ideal di mana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Program ADIWIYATA tersebut bertujuan untuk mendorong dan membentuk sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang.

"Dalam upaya meningkatkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, program ADIWIYATA senantiasa diarahkan sejalan dengan pembangunan daerah Kota Tangerang Selatan yang kian dinamis dan modernis tapi tetap peduli terhadap kelestarian alam dan lingkungan, sehingga percepatan terwujudnya Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan menjadi harapan dan mutlak diselenggarakan oleh semua pihak", demikian ungkapan Bapak Kepala BLHD DR. Rahmat Salam, M.Si dalam kata sambutannya pada acara pengarahan terhadap 13 sekolah binaan calon Adiwiyata 2013 di lingkungan kota Tangerang Selatan pada tanggal 18 Februari di Gedung Serbaguna SMAN 2 Kota Tangerang Selatan. Tahun ini, Bapak Sutardi, M.Pd selaku Koordinator Adiwiyata SMAN 2 Kota Tangerang Selatan mendapat amanah untuk membantu BLHD Kota Tangerang Selatan sebagai pembina bagi ke-13 sekolah binaan tersebut. Penunjukkan tersebut bukan tanpa alasan, karena Tim SSN SMAN 2 Kota Tangerang Selatan di bawah komando Bapak Sutardi berhasil meraih prestasi sebagai Sekolah Sehat Nasional beberapa tahun lalu.

Bagi sekolah yang ikut program ADIWIYATA, menurut Drs. Muhamad Isa, M.Pd selaku Kepala Bidang Konservasi dan Sumber Daya Alam yang bertindak sebagai narasumber dalam acara tersebut, antara lain :

  1. Mendukung pencapaian standar kompetensi/ kompertensi dasar dan standar kompetensi lulusan (SKL) pendidikan dasar dan menengah.
  2. Meningkatkan efesiensi penggunaan dana operasional sekolah melalui penghematan dan pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya dan energi.
  3. Menciptakan kebersamaan warga sekolah dan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif.
  4. Menjadi tempat pembelajaran tentang nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar.
  5. Meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup meIalui kegiatan pengendalian pencemaran, pengendalian kerusakan dan pelestarian fungsi lingkungan di sekolah.

Hadir dalam acara tersebut, Bapak Drs. Mathoda, M.Si, (Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangsel) dan Bapak dan beberapa staf dari Dinas Pendidikan dan BLHD. Sementara Itu, Ibu Neng Nurhemah, M.Pd di dampingi oleh 4 orang wakasek dan beberapa perwakilan guru.