preview

Belajar diluar kelas? Why Not? SMAN 2 Tangsel sudah memulai sejak lama. Kami menyebutnya belajar di DPR alias dibawah pohon rindang. Ruang terbuka di halaman sekolah, memang sudah sejak era kepemimpinan Ibu Neng Nurhemah dirupakan sedemikian nyaman sebagai salah satu ruang belajar di alam terbuka. Nggak percaya? coba deh datang ke SMAN 2 Kota Tangerang Selatan.

Hari ini, Kamis 1 Nopember 2018 tepatnya, ratusan siswa sudah berkumpul diseputaran halaman sekolah. Mereka antusias sekali untuk mengikuti gelaran "hari belajar di luar kelas atau Outdoor Classroom Day (OCDay)". Acara ini dihadiri oleh Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), ibu Lenny N Rosalin. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Kegiatan OCDay ini selaras dengan arahan Presiden yang meminta sekolah untuk melakukan proses pembelajaran di luar kelas. Hal ini agar proses pembelajaran bagi anak menjadi menyenangkan dan tidak membosankan, juga bisa meningkatkan kemandirian serta kreativitas mereka.

preview

Bersama 14 sekolah lainnya di Tangerang Selatan, SMAN 2 Tangerang Selatan sudah beberapa tahun terakhir ini mencanangkan sebagai sekolah ramah anak (SRA) dan sekolah ramah lingkungan. Tidak mengherankan bila kebijakan sekolah selalu mengutamakan unsur-unsur yang mampu mendekatkan siswa dengan lingkungannya.  

preview

Kegiatan belajar di luar kelas atau OCDay ini merupakan salah satu bentuk kegiatan yang mendukung Sekolah Ramah Anak (SRA). Indonesia merupakan negara terbaik kedua setelah London karena banyaknya sekolah yang menerapkan OCDay. Tidak tanggung-tanggung, saat ini telah terdapat 11.097 Sekolah Ramah Anak (SRA) yang tersebar di 236 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.