preview

Dalam rangka memperingati HUT Pramuka yang ke-58, seluruh siswa dan pembina SMAN 2 Kota Tangerang Selatan mengikuti upacara bendera di halaman sekolah. Bertindak selaku pembina upacara Dr.Neng Nurhemah.M.Pd. dan Dr. Abdullah Wali. M.Pd.I. selaku  inspektur upacara. Upacara yang mengambil tema "Kita jadikan generasi muda yang cinta Pramuka dengan  menjiwai dan melaksanakan  segala Doktrin dan ajaran yang terkandung dalam Pramuka" tersebut berlangsung sangat khidmat.  

preview

HUT Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus. Bermula pada acara pelantikan Mapinas (Majelis Pimpinan Nasional), Kwarnas (Kwartir Nasional) dan Kwarnari (Kwartir Nasional Harian) di Istana Negara di Jakarta,yang dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 1961. Pada saat itu juga dilakukan penganugerahan Panji-Panji Gerakan Pramuka. Sejak itulah maka setiap 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Presiden Soekarno menyampaikan anugerah tanda penghargaan dan kehormatan berupa Panji Gerakan Kepanduan Nasional Indonesia yang diserahkan kepada Ketua Kwartir Nasional, Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

preview

Kegiatan pramuka telah menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib bagi sekolah-sekolah di Indonesia. Pramuka singkatan dari Praja Muda Karana yang berarti “Jiwa Muda yang Gemar Berkarya”. Gerakan pramuka di Indonesia diikuti oleh para siswa tingkat SD sampai SMA dengan penggolongan, Sianga, Penggalang dan Penegak.

Pramuka sendiri merupakan sebuah kegiatan Pendidikan non-formal untuk mengembangkan ketangkasan dan pembentukan karakter. Istilah Pramuka itu sendiri dicetuskan oleh Sri Sultan Hamengkubuwana IX yang terinspirasi dari kata Poromuko yang berarti pasukan terdepan dalam perang.