preview

Selasa, 16 Oktober 2018 merupakan hari ketika SMAN 2 Tangerang Selatan kehilangan salah seorang yang sangat berpengaruh, dicintai, dan dibanggakan. Kehilangan itu bahkan bukan hanya milik SMAN 2 Tangerang Selatan tapi juga dunia pendidikan Indonesia.

Sosok itu bernama Roderick Jonathan Sibarani, seorang pelatih tim debat bahasa Inggris SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan yang juga akrab dengan sapaan kak Odi. Beliau adalah alumni English Debating Society Universitas Indonesia yang sejak tahun 2015 telah bersama-sama SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan menghantarkan kegemilangan prestasi siswa di bidang debat berbahasa Inggris.  

Kak Odi juga merupakan salah seorang yang menjadi kebanggaan Indonesia dengan segenap prestasi yang berhasil diraihnya. Dalam salah satu kompetisi debat parlementer tahunan paling prestisius di dunia WUDC (World Universities Debating Championship) pada tahun 2014/2015 di Malaysia, kak Odi turut membesarkan nama Indonesia dengan membawa pulang kemenangan. Tak terhenti sampai disana, beliau aktif menjadi chief adjudicator/ ketua juri dalam banyak kompetisi debat berbahasa Inggris di tanah air seperti UHAMKA Debate Competition (2015), JDF Open Universitas Muhammadiyah Jogjakarta (2015), National Schools Debating Championship (2013-2014), dan beberapa ajang perlombaan debat lainnya.

Perkembangan debat berbahasa Inggris di Indonesia tak dapat dilepaskan dari sumbangsih beliau.  Dengan menjadi coach untuk beberapa tim debat berpotensi, kak Odi bahkan turut berperan aktif dalam training camp WSDC (World Schools Debating Championship) sejak tahun 2013. Sumbangsih ini terutama sangat dirasakan oleh SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan karena sejak bergabungnya beliau pada tahun 2015 sebagai coach tim debat SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan, tim debat bahasa Inggris SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan mampu mengukir prestasi hingga ke tingkat nasional. Berikut merupakan gambaran sebagian prestasi yang telah berhasil kami dapatkan:

Tahun 2015

 

-2nd Runner Up Alsa ECHALL

-2nd Runner Up NSDC, KEMENDIKBUD

 

Tahun 2016

 

-Runner Up KOMPEK, FEB UI

-Champion Alsa ECOMP, FH UI

-Champion NSDC, KEMENDIKBUD

-Runner Up Binus ECOM, Binus International

 

Tahun 2017

 

-Champion Binus NEO, Binus University

-2nd Runner NSDC, KEMENDIKBUD

-3rd Runner Up MEDC, Universitas Mercu Buana

-Champion Binus ECOM, Binus International

 

Tahun 2018

 

-Champion KOMPEK, FEB UI

-Champion Alsa ECHALL, FH Unpad

-Runner Up Alsa ECOMP, FH UI

-Champion NSDC, KEMENDIKBUD

-Novice Champion Taylor's Debate Open, Taylor's University

-Champion Binus ECOM, Binus International

-Runner Up Binus ECOM, Binus International

 

Begitu banyak jasa kak Odi yang tak dapat kami lupakan. Ketekunannya dalam melatih kami membuat kami merasakan pendidikan yang penuh empati. Tanpa membuat kami merasa tak mampu, beliau mengarahkan kami untuk mengerjakan ulang tugas-tugas yang dianggap belum benar. Beliau juga selalu berusaha menjelaskan ulang materi-materi yang tidak kami pahami dengan bahasa yang lebih mudah dimengerti agar kami dapat lebih memahaminya.

Kami dilatih untuk berpikir kritis dan menyelesaikan masalah yang ada secara efektif. Kami juga mengeksplorasi cara penyampaian gagasan kepada publik dengan baik dan benar menurut kaidah debat yang terstandar. Luasnya pengetahuan beliau mengenai isu-isu yang dihadapi dunia saat ini telah banyak membawa pengaruh bagi kami dalam menanggapinya dengan pola pikir yang berbeda.

Selain menjadi coach untuk meningkatkan kemampuan debat, Kak Odi juga memegang peranan dalam perkembangan diri kami, baik dalam kemampuan organisasi maupun sebagai pribadi. Kami banyak belajar untuk menanggapi suatu masalah dengan tepat sekaligus meningkatkan kepercayaan diri kami. Begitu banyak jasa dan budi baik yang telah beliau tinggalkan. Kini menjadi tugas kami untuk memanfaatkan ilmu yang telah beliau ajarkan, agar beliau tetap hidup dalam hati dan pikiran kami semua.

 

Hidup ini begitu singkat, namun perbuatan baik akan selalu dikenang tanpa batas waktu. Selamat jalan kak Odi, terimakasih atas segala kenangan yang kau tinggalkan. Jasamu takkan pernah kami lupakan.