preview

Olimpiade Ilmu Ekonomi (OLIEFEB) adalah ajang rutin dua tahun sekali yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi FEB UB untuk siswa/i jenjang SMA/MA se-Nasional. Tahun ini, untuk pertama kalinya SMAN 2 Tangerang Selatan mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti OLIEFEB. Sebagai perwakilan dari SMAN 2 Tangerang Selatan, tentu kami harus menyiapkan yang terbaik, mengingat kami harus bersaing dengan tim-tim lain dari seluruh tanah air, dengan berharap bahwa kami mendapatkan hasil yang terbaik juga.

Rangkaian olimpiade ini terdiri dari tiga tahap selama tiga hari. Babak-babak tersebut terdiri dari (1)babak tes tertulis yang diikuti oleh dua puluh tim terbaik dari seleksi online; (2)babak cepat tanggap yang diikuti oleh sepuluh tim dengan perolehan nilai tertinggi dari babak sebelumnya; dan (3)babak debat yang diikuti oleh empat tim dengan perolehan skor tertinggi sekaligus memperebutkan posisi pertama, kedua, ketiga, dan harapan.

Sebelum mengikuti rangkaian olimpiade OLIEFEB 2018 pada tanggal 18-20 Oktober 2018, kami telah mengikuti lolos babak seleksi online yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 16 September 2018. Kami sangat bersyukur bisa lolos dan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti rangkaian olimpiade. Itu adalah sebuah kebanggaan tersendiri mengingat kami harus bersaing dengan tim-tim lain dari seluruh Indonesia. Tetapi, kami tidak boleh jemawa sebab jalan kami masih panjang menuju tangga juara.

Di hari pertama, kami mengawali babak tes tertulis dengan sikap percaya diri yang tinggi, walaupun terkadang muncul rasa khawatir. Kami mengerjakan soal dengan fokus serta teliti sembari berserah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Setelah mengerjakan soal, kami kembali ke penginapan dengan rasa khawatir apakah kami akan lolos atau gugur. Malamnya, seorang teman kami mengirim hasil seleksi dan kami dinyatakan lolos ke babak selanjutnya dengan menempati peringkat ke-3 dari 10 tim. Kami bangga dan bersyukur atas kelolosan kami. Kami pun belajar dan mempersiapkan diri untuk menghadapi babak selanjutnya dengan semangat yang berapi-api hingga larut malam.

Hari kedua, kami diagendakan untuk mengikuti babak cepat tanggap atau cerdas cermat dan babak debat jika lolos dari babak sebelumnya. Setelah sampai di lokasi perlombaan yang terletak di gedung Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya, kami sarapan sembari menunggu babak cepat tanggap dimulai. Kami tidak sabar ingin memulai perlombaan dan memberikan yang terbaik. Setelah pengundian selesai, kami mendapatkan undian untuk tampil di sesi kedua. Kami pun menunggu dan melihat jalannya sesi pertama. Perlombaan berlangsung dengan tensi tinggi mengingat setiap tim memberikan usaha yang terbaik untuk mencapai babak final yaitu babak debat. Kekhawatiran pun kembali menggerogoti diri. Tibalah saatnya kami tampil di babak kedua dengan determinasi yang tinggi. Kami sempat tertinggal di awal babak, tetapi kami terus berjuang sampai akhir. Perlombaan pun berlangsung sengit dan menuai banyak kontroversi mengingat ini babak yang menentukan empat tim terbaik yang akan melaju ke babak final. Akhirnya, kami pun lolos dengan menempati peringkat ke-3 dari 4 tim yang melaju ke babak final.

Di babak final, kami beradu argumen dengan tim MAN 2 Kota Pekanbaru. Suasana debat pun berlangsung riuh. Di akhir acara, kami dinyatakan kalah dan gagal melaju ke sesi kedua yang memperebutkan juara 1 dan 2. Kami pun bingung dan bertanya-tanya mengenai kegagalan kami walaupun banyak orang berpendapat tim kami lebih baik dari tim lawan. Tetapi akhirnya kami legawa dan bersyukur bisa melangkah sampai ke final. Setelah babak debat berakhir, kami pulang ke penginapan untuk beristirahat dan bersiap untuk acara gala dinner. 

Malamnya, kami mengikuti acara gala dinner di hall utama FEB Universitas Brawijaya. Kami tak sabar dan penasaran, apakah kami akan mendapatkan juara ketiga atau juara harapan. Setelah kata sambutan dan beragam pertunjukan, tibalah pada momen yang ditunggu-tunggu, yaitu pengumuman juara dan pemberian trofi. Kami pun dinobatkan sebagai juara ketiga OLIEFEB 2018. Semoga di perlombaan selanjutnya kami dapat lebih maksimal untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.