preview

Adriani Nafisa R, siswi kelas XI-IPA-8 SMAN 2 Kota Tangerang Selatan, selain cantik dan kalem, juga ternyata menyimpan kemampuan berbahasa Jepang yang lumayan. Hal ini dia buktikan dalam ajang Lomba Pidato Bahasa Jepang ke-17 tahun 2019. Adriani berhasil meraih juara 3.

Lomba Pidato Bahasa Jepang ke-17 tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Universitas Darma Persada (UNSADA) Jakarta ini berejasama dengan Universitas Takushoku (Jepang). Kegiatan lomba dilaksanakan setiap tahun dan untuk tahun ini berlangsung pada hari Sabtu-Minggu, tanggal 24-25 Agustus 2019. Kepada pemenang lomba disediakanhadiah utama jalan-jalan ke Jepang selama satu minggu.

Menariknya, lomba ini hanya diikuti 35 orang yang terdiri dari 20 orang peserta dari tingkat SMA dan 15 orang lainnya untuk tingkat perguruan tinggi. Hadiah berlibur ke Jepang selama satu minggu hanya diberikan kepada juara 1, baik untuk tingkat SMA maupun perguruan tinggi. Sementara untuk semua finalis akan menerima hadiah menarik lainnya.

Peserta lomba harus menyiapkan naskah pidato dalam bahasa Jepang dan tidak berupa story telling. Pidato berduras 5 menit saja untuk tingkat SMA dan 7 menit untuk tingkat perguruan tinggi. Jika lebih dari durasi yang telah ditetapkan panitia, maka ganjarannya adalah pengurangan nilai. Bukan malah dibilang hebat, tapi begitulah sistem penilainnya. Jadi selain selain harus pandai bahasa Jepang, namun harus mampu menyiapkan pidato dan pinter mengatur ritme supaya tidak melebihi waktu yang telah ditentukan.
Naskah pidati juga tidak boleh mengandung unsur SARA, plagiat apalagi bersifat HOAX.